Tuesday, March 22, 2016

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh


Buah durian merupakan salah satu jenis buah yang memiliki ciri khas yang terletak pada bentuk fisiknya yang memiliki duri. Selain memiliki ciri khas dalam bentuk fisik, buah durian yang terkenal dengan cita rasa yang manis ini juga memiliki bau yang harum. Buah durian memang mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya diantaranya seperti mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, omega 3, omega 6, dan kandungan lain termasuk juga antioksidan di dalamnya.

Dengan kandungannya tersebut tak heran apabila buah yang satu ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja sebenarnya manfaat dari buah durian, langsung saja simak pada pembahasannya langsung di bawah ini!

Berikut Beberapa Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh

Membantu dalam mencegah depresi

Manfaat buah durian yang pertama adalah membantu dalam mencegah depresi. Meski terdengar cukup aneh, akan tetapi hal ini merupakan salah satu hasil dari penelitian. Penelitian yang dilakukan institusi kesehatan menyebutkan jika buah durian ini memiliki kemampuan dalam mengurangi rasa depresi pada seseorang. Ini dikarenakan di dalam buah durian ini terkandung senyawa yang disebut dengan tryptophan, yang merupakan sejenis dari asam amino yang ada pada otak yang kemudian akan diubah menjadi serotonin. Serotonin sendiri merupakan senyawa kimia dihasilkan oleh otak dalam membuat tubuh menjadi lebih rileks. Senyawa ini pada umumnya dihasilkan pada otak ketika mendapatkan rangsangan positif. Misal saja seseorang yang sedang jatuh cinta maka mereka memiliki kadar serotonin yang besar pada otaknya.

Membantu dalam mengontrol diet secara alami

Manfaat buah durian yang kedua adalah membantu dalam mengontrol diet dengan cara alami. Diet menjadi salah satu cara terbaik dalam menurunkan berat badan pada tubuh. Dengan diet membuat seseorang harus mengontrol makanan apa saja yang akan mereka konsumsi. Salah satu sumber makanan yang bisa membantu dalam mengontrol diet secara alami adalah buah durian. Mengonsumsi buah durian tidak berlebihan tersenyata dapat membantu mengurangi keinginan ngemil pada seseorang.  Selain itu buah ini mengandung kadar karbohidrat cukup tinggi yakni antara 20 sampai dengan 30 persen yang bisa membantu dalam mengurangi keinginan ngemil yang hanya bisa menambah berat badan pada tubuh.

Membantu menjaga sistem pencernaan pada tubuh

Manfaat buah durian yang selanjutnya adalah membantu dalam menjaga sistem pencernaan pada tubuh. Ini dikarenakan di dalam buah durian ini mengandung kandungan serat yang pastinya baik untuk kesehatan pencernaan tubuh. Dengan kandungan serat tersebut akan membuat sistem pencernaan akan bekerja lebih maksimal. Sehingga akan membantu mengatasi beberapa masalah yang kerap kali muncul diantaranya seperti susah buang air besar atau sembelit, dan berbagai masalah lain yang menyangkut sistem pencernaan.

Membantu mengatasi anemia

Selain membantu dalam menjaga sistem pencernaan pada tubuh, mengonsumsi buah durian ternyata juga bermanfaat dalam membantu mengatasi anemia atau permasalahan kekurangan darah. Ini dikarenakan di dalam buah durian ini terkandung beberapa senyawa baik seperti asam folat, tembaga, dan juga zat besi. Semua kandungan tersebut sangat berperan penting dalam membantu mengatasi permasalahan anemia atau kekurangan darah. '

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat dari buah durian yang dapat Anda ketahui. Adapun manfaat lainnya adalah membantu dalam menjaga kesehatan kulit, membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah, membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta banyak lagi. 
Baca  










No comments:

Post a Comment