Monday, March 21, 2016

Manfaat Beras Ketan Bagi Kesehatan

Beras ketan ternyata memiliki banyak manfaat pada tubuh. Ini dikarenakan dengan mengonsumsi beras ketan bisa membantu dalam menambah pasokan energi pada tubuh. Ketan atau juga disebut dengan beras ketan ini merupakan sumber makanan pokok yang biasa disajikan di kawasan Asia Tenggara. Bahan makanan ini bisa diolah dengan berbagai cara diantaranya seperti direbus dan juga dikukus untuk berbagai macam resep menu masakan.
Adapun ciri khas dari beras ketan ini ialah teksturnya yang cenderung lengket. Meskipun agak lengket, mengonsumsi beras ketan ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat sebenarnya manfaat dari beras ketan, langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Manfaat Beras Ketan bagi Kesehatan
Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari beras ketan, ada baiknya untuk Anda mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan informasi dari DietFacts bahwa di dalam 200 gram beras ketan terdapat 169 kalori atau sekitar 8 persen dari asupan kalori harian. Selain mengandung kalori di dalam beras ketan juga terdapat kandungan seperti rendah akan lemak yakni hanya 0,33 gram tiap cangkirnya. Untuk kandungan lainnya seperti protein, karbohidrat, vitamin B, dan kandungan nutrisi baik untuk tubuh lainnya. Nah untuk manfaatnya simak pembahasannya berikut ini!
Sebagai Sumber Energi untuk Tubuh
Manfaat beras ketan yang pertama adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Ini dikarenakan di dalam beras ketan yang dimasak hanya secangkir saja mengandung sekitar 169 kalori atau sekitar 8 persen yang direkomendasikan. Sebagian besar dari kalori tersebut adalah 83 persen dari karbohidrat dimana pada tiap porsinya menyediakan kisaran 36,7 gram karbohidrat. Di samping itu beras ketan juga mengandung sekitar 4 persen tiamin, niacin, yang juga bermanfaat sebagai sumber energi yang membantu dalam proses metabolisme makanan yang juga menjadi bahan bakar.
Membantu dalam Menurunkan Resiko Serangan Jantung
Manfaat beras ketan bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu dalam menurunkan resiko serangan jantung. Ini dikarenakan di dalam beras ketan terkandung sumber serat di dalamnya. Kandungan serat di dalam secangkir beras ketan saja sekitar 1,7 gram. Serat ini juga membantu dalam kesehatan lain yakni memberikan konstribusi yang bisa membantu dalam menurunkan resiko dari serangan pada jantung.
Membantu dalam Menangkal Radikal Bebas
Manfaat yang berikutnya dari beras ketan adalah membantu dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas memang bisa menyebabkan berbagai masalah seperti proses penuaan dini sampai dengan penyakit kanker. Untuk menangkal radikal bebas dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan mengonsumsi beras ketan. Ini dikarenakan di dalam beras ketan terkandung selenium yang merupakan mineral penting yang bertindak sebagai antioksidan pada tubuh guna melindungi sel pada tubuh dari bahaya kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas.
Membantu dalam Menjaga Sistem Metabolisme pada Tubuh
Selain mengandung selenium, beras ketan juga mengandung senyawa seperti mangan yang juga bermanfaat untuk tubuh. Zat seperti mangan berfungsi dalam menjaga sistem metabolisme pada tubuh agar tetap sehat. Metabolisme sehat akan membantu dalam proses karbohidrat dan juga kolesterol pada tubuh.
Untuk manfaat lain dari beras ketan seperti membantu dalam menjaga kesehatan tulang, membantu dalam sistem kekebalan pada tubuh, membantu dalam menyehatkan sistem pencernaan pada tubuh, dan manfaat lainnya seperti membantu dalam mencegah anemia. 

Baca












No comments:

Post a Comment