Saturday, March 19, 2016

Makanan Khas dari Indonesia

Indonesia merupakan negara besar dan kaya akan sumber daya alam. Selain kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga memiliki berbagai budaya di dalamnya. Dari ujung timut terluar sampai dengan ujung barat terdapat banyak keragaman termasuk juga makanan khas yang hampir ada di tiap daerah. Makanan khas di tiap daerah biasanya memiliki ciri khas sendiri seperti ciri khas rasa maupun juga cara penyajiannya. Untuk maslaah cita rasa, makanan khas di Indonesia memang tidak kalah dengan makanan luar.
Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa makanan khas dari Indonesia. Makanan-makanan khas berikut ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan rasanya yang khas dan lezat membuat banyak orang yang mencari dan mencoba mengonsumsinya. Nah langsung saja untuk mengetahuinya, silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Makanan Khas dari Indonesia
Mie Aceh
Mie Aceh merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang berasal dari Aceh. Kuliner lezat yang satu ini terbuat dari mie kuning yang dipadukan dengan berbagai bumbu pedas. Mie Aceh sendiri semakin lezat ketika ditambah dengan irisan daging sapi, ayam, atau juga udang. Mie Aceh bisa disajikan dalam kuah dengan sup kari yang lezat dan gurih dan bisa juga dengan cara digoreng.
Rendang
Makanan khas Indonesia yang satu ini berasal dari Sumatra Barat atau Padang yang juga masuk ke dalam salah satu masakan terlezat di dunia. Rendang pada umumnya terbuat dari daging sapi lezat yang dimasak dengan berbagai bumbu rempang. Rendang ini tidak hanya digemari masyarakat Indonesia saja, tetapi juga banyak digemari para wisatawan mancanegara. Nama dari rendang juga sudah terkenal sampai dengan ke luar negeri.
Gulai Ikan Patin
Makanan khas Indonesia berikutnya adalah Gulai Ikan Patin yang berasal dari Jambi. Gulai ikan patin ini dimasak dengan menggunakan durian yang sudah difermentasi. Akan tetapi dapat juga dimasak dengan menggunakan santan kelapa yang membuatnya memiliki aroma yang sedap dan tajam. Untuk bumbu rempah yang digunakan seperti cabe merah, serai, kunyit, bawang putih, dan juga bawang merah.
Pempek
Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? pastinya kebanyakan orang sudah mengetahuinya, Pempek merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatra Selatan. Pempek Palembang terbuat dari sagu dan juga campuran ikan tenggiri. Makanan yang satu ini juga banyak digemari berkat rasanya yang lezat, gurih, dan terdapat kuah asam dan manis. Untuk penyajian memang Pempek disajikan dengan saus yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Untuk saus Pempek yang disebut dengan cuko terbuat dari udang ebi, cabe rawit, bawang putih, garam, dan juga gula merah. Selain itu cara penyajian juga ditambahkan dengan mie kuning dan juga irisan dari timun yang akan menambah cita rasa masakan tersebut.
Mie Bangka
Mie Bangka juga merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari pulau Bangka. Adapun bahan untuk membuat Mie Bangka ini sendiri seperti mie, cumi, ikan, atau juga kepiting. Sering kali pula ditambah dengan kecambah, timun, dan juga kerupuk. Sehingga ketika dihidangkan ketika masih panas akan semakin lezat. Tak ketinggalan pula bahwa Mie Bangka ini disajikan dengan tambahan cabe untuk cita rasa pedas dan juga pangsit.
Nah itulah tadi pembahasan mengenai beberapa makanan khas dari Indonesia, masih banyak makanan khas dari Indonesia lainnya yang memiliki cita rasa khas dan lezat.


Baca

No comments:

Post a Comment